Sejarah Kopi Di Indonesia

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Namun, pernahkah terpikirkan mengenai sejarah kopi di Indonesia Awal mula kopi mulai terkenal di Indonesia sejak tahun 1696 ketika Nicholas Witsen yang merupakan Walikota Amsterdam memerintahkan Adrian Van Ommen yang merupakan seorang komandan pasukan Belanda di pantai Malabar untuk membawa biji kopi ke Batavia. Kopi yang pertama kali ditanam dan dikembangbiakan pada saat itu adalah kopi arabika yang di tanam di sebuah tempat di daerah timur Jatinegara. Dengan menggunakan tanah pertikelir Kedaung. Setelah itu kopi arabika mulai menyebar ke daerah jawa barat yang kemudian berlanjut ke daerah lain seperti pulau Sumatra, Sulawesi, Bali dan timor. Tak lama kemudian kopi menjadi komoditi dagang yang diandalkan oleh VOC dengan ekspor kopi untuk pertama kalinya yaitu pada tahun 1711.

Sejarah kopi indonesia

Sejarah kopi indonesia

Kegiatan eksport meningkat hingga 60 ton/tahun. Itulah mengapa negeri dengan julukan Hindia Belanda menjadi tempat perkebunan kopi pertama diluar Arabia dan Ethiophia hingga pada akhirnya VOC melakukan monopoli perdagangan kopi pada tahun 1725 sampai 1780. Selain itu, VOC juga membuat perjanjian berat sebelah yang dilakukan dengan penguasa setempat untuk mendukung produksi kopi. Perjanjian ini justru sangat merugikan masyarakat pribumi dikarenakan harus menanam kopi dan menyerahkannya kepada VOC. Berdasarkan sejarah kopi di Indonesia memang terlihat bahwa VOC sangat tidak manusiawi kepada masyarakat Indonesia. Namun, sistem perjanjian yang dibuat oleh VOC membuahkan hasil yang baik, sebab biji kopi berkualitas tinggi membanjiri tanah Eropa pada saat itu. Hingga akhirnya kopi Jawa menjadi kopi terenak di Eropa.

Pada awal tahun 1900-an, kopi Robusta merupakan kopi yang masih bertahan dalam penanamannya hingga sekarang karena kopi Robusta merupakan kopi yang lebih tahan terhadap hama. Hingga pada akhirnya Indonesia menempati peringkat keempat terbesar di dunia dalam produksi kopi. Begitulah gambaran mengenai sejarah kopi di Indonesia. Dengan mengukir kembali asal mula kopi, semoga bisa menjadi pemikiran bagi masyarakat untuk tidak menghilangkan tradisi khususnya untuk kopi.

Tags :

    gambar sejarah kopi
Sejarah Kopi Di Indonesia | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply