Potensi sentra kopi di cianjur selatan

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi

Permintaan kopi asal indonesia semakin bertambah di pasar ekspor dunia. Cianjur Selatan ( Jawa Barat ) sangat potensial untuk pengembangan tanaman kopi. Hal ini dikarenakan lahan perkebunan di Cianjur Selatan yang begitu luas dan mampu memberikan kebutuhan ekportir kopi yang meningkat tiap tahun nya.kopi-cianjur

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Saep Lukman, mengatakan “Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, setidaknya ada 74 negara yang menjadi tujuan ekspor kopi Indonesia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama petani,”

Dari 74 negara yang menjadi tujuan ekspor Indonesia, di antaranya adalah Jepang, Amerika, Malaysia, Italia, Jerman, Belgia, Inggris, India, Maroko dan Algeria.

Kopi merupakan salah satu penyumbang devisa negara. Pada tahun 2012 tercatat ekspor kopi mencapai 425 ribu ton atau sama dengan 1,3 miliar dolar Amerika. “Angka ini meningkat sebesar 30% dibandung tahun 2011 yang hanya 350 ribu ton,”

Menurut pria yang juga merupakan pembina Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Blok Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, kopi memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmatnya, baik dari segi cita rasa, aroma dan juga kisah yang muncul di belakang hadirnya kopi. “Ini adalah peluang bagi kita, kaum tani Indonesia termasuk para petani di Cianjur. Mudah-mudahaan nanti Cianjur menjadi sentra kopi andalan di Jawa Barat khususnya, ” kata Saep.

Di Indonesia banyak ditemui daerah penghasil kopi terbaik, dengan kultur tanah yang cukup bagus akan menghasilkan kopi yang berkualitas. Cianjur salah satunya, Diharapkan kedepanya kopi asal Cianjur menawarkan hal serupa sehingga menjadi komoditas andalan yg diburu pecinta dan penikmat kopi.

Tags :

    daerah penghasil kopi di jawa barat, daerahenghasil kopi di jawabarat, kopi cianjur, lokasi perkebunan kopi di jawa barat, penghasil kopi jawa barat
Potensi sentra kopi di cianjur selatan | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply