Mesin Espresso yang jarang anda tahu

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi
Advertisement

Bagi para pemilik cafe dengan basis espresso, tidaklah heran dengan mesin espresso yang memiliki kualitas terbaik seperti merek-merek La Marzocco, Synesso, Nuova Simmonelli, Slayer, maupun Kees van Der Westen. Namun sebenarnya masih banyak orang yang belum tahu mengenai mesin-mesin espresso lain yang memiliki kualitas yang tak kalah baik dibandingkan dengan merek-merek terkenal tersebut. Bahkan ada beberapa mesin espresso yang memiliki fitur-fitur yang menarik dan canggih yang tidak dimiliki oleh merek lain.

Pemilihan mesin espresso bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi anda yang sedang mencari mesin espresso dengan kualitas tak kalah dengan merek-merek terkenal, mungkin beberapa mesin espresso berikut ini bisa menjadi perbandingan anda.

1. UNIC

Mesin Espresso UNIC Stella di Caffe

Mesin Espresso UNIC Stella di Caffe

Mesin Espresso dengan merek UNIC yang berasal dari negara Italia ini memiliki fitur yang jarang ditemukan di mesin espresso lain. Mesin ini dilengkapi dengan beberapa teknologi paling mutakhir seperti :

  • Fitur Thermalink Network yang berfungsi untuk mengatur konsumsi daya agar bisa lebih irirt daya / efisien. Dan memiliki kontrol PID (proportional-integral-derivative) untuk mengatur suhu secara konsisten.
  • Fitur Dosamat, fitur ini dapat langsung mendeteksi ketika portafilter terpasang di grouphead, kemudian melakukan esktraksi sesuai dengan dosis kopi yang diinginkan (single shot atau double shot).
  • Fitur pressure control, fitur ini dengan mudah akan memberikan barista kontrol untuk mengatur tekanan air ketika melakukan ekstraksi. Fitur ini sama dengan mesin La Marzocco Strada.

Mesin espresso unggulan dari UNIC adalah mesin Stella di Caffè. Mesin espresso UNIC banyak disejajarkan dengan La Marzocco, sehingga mesin espresso ini banyak dijadikan pilihan untuk operasional cafe. Jika Anda menginginkan sebuah mesin yang memiliki kecanggihan yang bisa ditawarkan pada saat ini, maka UNIC bisa menjadi pertimbangan untuk anda.

2. Dalla Corte

Mesin Espresso Dalla Corte DC Pro

Mesin Espresso Dalla Corte DC Pro

Mesin ini merupakan keluaran dari Negara Italia. Pada ajang World Latte Art Championship (WLAC ), mesin Dalla Corte resmi menjadi mesin espresso yang dipergunakan pada ajang tersebut. Hal ini terjadi dikarenakan, mesin ini memiliki teknologi Milk Control System yang dapat menghasilkan steam susu secara konsisten, sehingga barista dengan singkat dapat melakukan frothing susu dan dengan mudah mereplikasinya. Selain itu, temperatur steam pun dapat diatur sesuai keinginan , sehingga dapat mendapatkan hasil yang terbaik.

Ada juga teknologi canggih yang dimiliki mesin ini yaitu “Multi Boiler” dan “Online Control System”, fitur ini memungkinkan untuk mengatur berbagai parameter seperti suhu dan tekanan melalui computer maupun smartphone. Jika di café anda banyak menu minuman dengan basis susu seperti coffee latte atau cappuccino, maka mesin ini bisa menjadi pilihan yang patut anda pertimbangkan. Mesin favorit dari Dalla Corte adalah tipe DC Pro.

3. Bosco
Bagi para penggemar kopi dengan taraf hardcore, pasti tidak asing dengan mesin espresso model lever. Dari jenis mesini ini terciptalah mesin espresso modern yang sering kita lihat sekarang.

Mesin Espresso Bosco Lever Machine

Mesin Espresso Bosco Lever Machine

Salah satu mesin espresso terbaik di kelas ini adalah merek Bosco. Uniknya dari mesin ini adalah hingga saat ini, mesin bosco masih diproduksi secara handmade oleh Mr. Bosco sendiri. Beberapa desain mesin Bosco, seperti grouphead-nya, juga diaplikasikan di mesin merk terkenal seperti Kees van Der Westen Mirage Idrocompresso. Mesin Bosco memiliki hasil ekstraksi yang sangat konsisten dan memiliki daya tahan yang sudah teruji selama puluhan tahun.

Prinsip kerja mesini ini adalah pompa yang digunakan di mesin modern digantikan oleh tuas dan piston yang kemudian akan memompa air ke grouphead. Jika Anda sedang mencari sebuah mesin yang sederhana dan perawatan yang mudah, maka mesin ini bisa menjadi alternatif untuk Anda. Mesin unggulan dari Bosco adalah tipe Sorrento.

4. Rancilio

Mesin Espresso Rancilio Classe 9 XCelcius

Mesin Espresso Rancilio Classe 9 XCelcius

Rancilio merupakan salah satu merek besar mesin espresso di dunia, hanya saja produk kelas komersialnya kurang berunjuk gigi di Indonesia. Walaupun demikian, ada salah satu teknologi yang tidak dimiliki oleh merek-merek lain yaitu Fitur Temperature profiling”. Teknologi tersebut menggunakan micro-boiler untuk memudahkan barista mengubah suhu air sesuka hati selama ekstraksi berlangsung. Dengan adanya teknologi ini, akan membuka pemikiran baru untuk mencari rasa kopi yang diinginkan. Jika kedai kopi Anda mengedepankan eksperimen, maka anda bisa mempertimbangkan Rancilio Classe 9 XCelsius.

Semoga beberapa mesin espresso diatas bisa menjadi pertimbangan untuk keperluan bisnis/usaha anda dengan disesuaikan kebutuhan dan konsep kedai kopi yang anda miliki.

Tags :

    merek mesin espresso terbaik, mesin kopi espresso terbaik, membeli slayer espresso, merek terkenal mesin espresso, Merk mesin espresso ternama
Advertisement
Mesin Espresso yang jarang anda tahu | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply