Membuat Kopi dengan French Press ( Plunger / Cafetiere )

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Resep kopi

Cara membuat kopi itu bermacam-macam caranya, dan hasilnya pun berbeda-beda. Kali ini kopiunik.com akan membahas mengenai cara membuat kopi dengan metode French Press atau yang sering kita dengar dengan Plunger / Cafetiere. Bagi Para pecinta kopi pasti tidak asing dengan metode ini, karena sering ditemui di kedai-kedai kopi. Cara ini merupakan cara kedua yang populer di kalangan pecinta kopi, harga alatnya French Press Coffee Maker juga cukup terjangkau dan bisa didapatkan di hampir seluruh kota di Indonesia.

french press

membuat kopi dengan french press

Oke.. kembali lagi ke cara pembuatan kopi dengan metode French Press / Plunger / Cafetiere. Dengan Metode French Press ini, mengekstrak paling banyak cita rasa yang terdapat di dalam kopi bubuk. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama bersihkan French Press Coffee Maker hingga benar-benar bersih
  2. Tuangkan kopi pilihan anda kedalam French Press Coffee Maker sesuai selera.
  3. Sekarang kita masak air dalam teko hingga air mendidih dan kita diamkan kurang lebih selama 1 menit.
  4. Setelah kurang lebih 1 menit, tuangkan air mendidih tadi kedalam French Press Coffee Maker dengan posisi teko yang agak tinggi, hal ini dimaksudkan agar menghasilkan gelembung air yang membuat aroma kopi menjadi lebih maksimal.
  5. Aduk kopi selama kurang lebih 30 – 60 detik, agar kopi yang dihaelah dihasilkan aromd dan rasa kopinya lebih menyatu dan lebih nikmat.
  6. Jika dirasa sudah cukup diaduknya, tekan kopi yang telah diaduk dengan tutup French Press secara perlahan.
  7. Kopi sudah siap untuk dituangkan kedalam cangkir, cara menuangkan kopi ke dalam cangkir secara perlahan dari posisi French Press maker mendekati cangkir hinga dinaikan sampai agak tinggi French Press maker nya.

Kopi siap dinikmati tanpa menggunakan gula. Membuat Kopi dengan French Press ( Plunger / Cafetiere ) sangat mudah bukan?. Jika anda kurang jelas membaca langkah-langkahnya, caranya bisa anda lihat di video di bawah ini.

Tags :

    cara menggunakan french press, cara membuat kopi dengan french press, plunger kopi, cara menggunakan french press coffee maker, french press kopi
Membuat Kopi dengan French Press ( Plunger / Cafetiere ) | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply