Manfaat kopi untuk kesehatan

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi

Dikutip dari Harvard Women’s Health, meminum beberapa cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Banyak riset yang dilakukan di seluruh dunia , kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Mereka menduga penyebabnya adalah asam klorogenik yang memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin. Zat lain yang terkandung didalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga disinyalir dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa.manfaat kopi kesehatan

Berdasarkan Riset yang dilakukan secara konsisten menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi resiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar. Kopi juga mampu melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
Selain itu, kopi dapat mencegah peminum kopi terkena resiko penyakit Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.

Banyak orang mengira meminum kopi dapat meningkatkan risiko jantung dan stroke. Akan tetapi sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Studi yang dilakukan lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan bahwa mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah.
Dan juga Studi yang dilakukan pada 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Akan tetapi, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Sumber : majalahkesehatan

Tags :

    gambar kopi
Manfaat kopi untuk kesehatan | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply