Kopi Jawa Terkenal sampai ke Swedia

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi

Kopi Jawa merupakan kopi yang berasal dari pulau Jawa Indonesia yang tidak memiliki bentuk kopi yang sama dengan kopi lainnya seperti kopi yang berasal dari Sumatra dan Sulawesi. Perbedaannya dengan kopi yang berasal dari Sumatra yaitu terletak pada tekstrur kopi Sumatra yang lebih halus serta mempunya cita rasa yang paling berat dan kompleks diantara berbagai macam jenis kopi lainnya di dunia. Sedangkan perbedaan dengan kopi yang berasal dari Sulawesi yaitu pada biji kopi Sulawesi mengimprovisasi dari cita rasa kopi Sumatra dalam ukuran biji yang lebih kecil dan bulir yang licin serta mengandung kadar asam yang tinggi. Meskipun cita rasa kopi yang berasal dari Jawa ini tidak terlalu kaya seperti kopi yang berasal dari Sumatra dan Sulawesi, namun sebagian kopi ini mengeluarkan aroma tipis rempah yang bisa membuatnya lebih baik dari jenis kopi lainnya.

kopi jawa di swedia

Indonesia bukanlah satu-satunya Negara yang mengenal dan mengkonsumsi Kopi Jawa meksipun kopi ini berasal dari pulau Jawa dan pulau Jawa itu hanya ada di Indonesia, tetapi kepopuleran kopi ini hingga sampai ke Negara Swedia bahkan kopi ini telah ada di Negara tersebut sejak tahun 1900-an. Pernyataan ini diperkuat dengan adanya perkataan dari Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang dalam sambutannya mengatakan bahwa perusahaan Swedia telah mengimpor biji kopi dari Jawa sejak tahun 1900-an dan beliau senang bahwa kopi ini terus menjadi popular di Swedia hingga hari ini (29/5).

Hadir dan populernya Kopi Jawa di Negara Swedia berawal dari adanya kopi yang berasal dari Jawa tersebut dibawa oleh Swedia East India Company yang sedang melakukan perdagangan ke timur jauh dan termasuk pada Kepulauan Nusantara sejak abad ke-18. Hal ini juga menandai awal dari kontak dan hubungan Indonesia dengan Swedia pada masa itu. Dengan misi untuk berdagang hingga akhirnya Negara Swedia mendirikan perusahaan sejak tahun 1990-an di Indonesia yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi.

Kopi Jawa Terkenal sampai ke Swedia | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply