Keunggulan Jenis-Jenis Kopi Di Indonesia

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi
Advertisement

Kopi merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia, bahkan yang paling digemari di dunia. Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia karena Indonesia berada pada letak geografis yang sangat ideal dan mendukung lahan-lahannya untuk difungsikan sebagai lahan perkebunan kopi. Berbagai jenis-jenis kopi di Indonesia mudah sekali ditemukan di berbagai daerah-daerah mulai dari Aceh hingga Papua yang menghasilkan kopi unggulan daerahnya masing-masing. Oleh karena itu, tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan Negara penghasil kopi terbesar hingga menempati peringkat keempat di dunia.

jenis jenis kopi

Indonesia merupakan Negara penghasil kopi terbesar di dunia. Adapun jenis-jenis kopi di Indonesia yang menjadi unggulan, salah satunya yaitu kopi luwak yang merupakan kopi unggulan karena proses produksinya yang sangat unik. Keunikannya adalah biji kopi yang akan diolah harus dimakan terlebih dahulu oleh seekor binatang sejenis musang atau dalam bahasa Jawa disebut luwak yang kemudian dikeluarkan kembali oleh binatang tersebut bersamaan dengan kotorannya. Mungkin beberapa orang akan terkesan jijik, namun begitulah faktanya karena luwak memiliki sistem pencernaan yang bisa menyerap getah-getah pada biji kopi yang kemudian memfermentasinya sehingga membuat kopi ini akan terasa eksotis bagaikan sirup yang terasa lembut dengan aroma karamel dan kakao. Oleh karena itu, kopi ini menjadi salah satu kopi unggulan dan merupakan jenis kopi termahal dan terlangka karena untuk mendapatkannya harus melewati proses produksi yang rumit dan unik.

Selain kopi luwak, adapun jenis-jenis kopi di Indonesia lainnya yang menjadi unggulan, beberapa diantarannya yaitu kopi Toraja yang dicari banyak orang untuk dapat menikmatinya karena memiliki kandungan asam rendah. Kopi Jawa yang merupakan kopi arabika yang manis, lembut dan supel dengan sedikit aroma hutan. Kopi Bali Kintamani yang manis dan lembut dengan proses pengolahan yang dilakukan secara organik dan kopi Sumatra yang memiliki ciri khas lembut, halus dan beraroma kakao, tanah dan tembakau. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa Indonesia merupakan Negara penghasil kopi unggulan.

Tags :

    ke unggulan kopi indonesia
Advertisement
Keunggulan Jenis-Jenis Kopi Di Indonesia | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply