Cegah Resiko Kecelakaan dengan Minum Kopi

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs

Sebuah tim peneliti dari Australia mengungkapkan bahwa para sopir truk yang minum kopi dengan berkendara jarak jauh memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas yang lebih rendah. Penelitian ini diungkapkan oleh sebuah tim peneliti Australia yang telah membandingkan 530 sopir truk yang mengalami kecelakaan dengan 517 sopir lain yang tidak.

Hasil penelitian yang dilakukan tersebut ditemukan bahwa lebih dari sepertiga sopir meminum minuman berkafein dan setengah dari mereka mengatakan bahwa minuman itu untuk membuat mereka agar tetap bangun.

kecelakaan-kopi

Laporan British Medical Journal menyebutkan bahwa kopi dan minuman yang berkafein bisa mengurangi risiko kecelakaan karena minuman itu bisa meningkatkan rasa kewaspadaan. Para sopir yang meminum minuman berkafein,  63% lebih kecil mengalami kecelakaan dibanding yang tidak minum kafein. Angka itu didapat setelah disesuaikan dengan faktor usia, pola tidur, jarak kilometer yang ditempuh, dan waktu mengemudi.

“Mengemudi saat lelah meningkatkan risiko kecelakaan dan karena itu kami mendorong sopir untuk memastikan agar mereka istirahat dengan baik sebelum menyetir kembali,” seperti dinyatakan seorang juru bicara Departemen Perhubungan. Departemen Perhubungan Inggris menegaskan bahwa satu-satunya cara memulihkan diri dari rasa lelah adalah tidur.

Para ahli keselamatan jalan raya selalu mengatakan bahwa kafein bukanlah sebagai pengganti tidur. Sekitar 70% dari sopir yang diteliti mengatakan mereka berhenti untuk tidur sebentar jika lelah, sesuai dengan saran para ahli keselamatan jalan raya. Ditambahkannya bahwa dalam Peraturan Lalu Lintas disebutkan dengan jelas bahwa cara yang paling efektif untuk melawan rasa kantuk ketika menyetir, sebagai contoh, adalah dua minuman kafein dan tidur.

Cegah Resiko Kecelakaan dengan Minum Kopi | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply