Cara sehat minum kopi

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi

Cara sehat minum kopi, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa meminum kopi buruk bagi kesehatan. Hal ini dapat terjadi jika kita meminum kopi tidak secara bijak. Minuman apa pun, bila dikonsumsi berlebihan pasti hasilnya akan tidak baik. Akan tetapi jika kita tau cara sehat minum kopi, dampak buruk minum kopi bisa kita cegah. Berikut tips-tips cara sehat meminum kopi.minum kopi cara sehat

1. Perhatikan dosis kopi anda
Saat ini belum ada takaran kopi yang pasti yang boleh dikonsumsi orang. Akan tetapi banyak penelitian yang menyebutkan bahwa minum 300 mg caffeine atau sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari tidak akan memberikan efek negative kepada peminumnya.

2. Kenali sinyal bahaya saat meminum kopi
Ketika anda meminum kopi kemudian muncul sinyal-sinyal bahaya seperti gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan emosi (misal cepat marah ) segeralah berhenti. Peminum kopi yang menghentikan kebiasaan meminum kopi dapat mengalami “caffeine withdrawal” yang ditandai dengan sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan cepat hilang setelah 24-48 jam atau mendapat dosis baru caffein pada kopi anda.

3. Kenali Kandungan Caffeine
Sebaiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam kopi yang kita minum agar jangan sampai kita mengkonsumsi kopi dengan kandungan caffeine kopi yang berlebihan, apalagi jika kita masih meminum produk lain yang mengandung caffeine juga seperti softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.

Beberapa contoh kandungan kopi berdasarkan penelitian :
Secangkir kopi di Starbucks rata-rata mengandung 259 mg caffeine dibandingkan dengan secangkir kopi yang sama di Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg caffeine.
Kopi decaf atau kopi tanpa caffeine baik penderita obesitas karena dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik sekitar 50%. Sedangkan pada mereka yang bukan penderita obesitas justru dapat menurunkan kolesterol HDL yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Campur kopi anda
Dari sebuah penelitian, Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang diminum oleh anda. Akan tetapi hal ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Jangan mencampur kopi dengan alkohol karena tida baik untuk kesehatan. Dan juga jangan mencampur dengan cream juga karena dapat menmbambah kalori pada kopi.

5. Caffeine juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat.
Bagi anda yang sedang sakit dan sering mengkonsumsi obat, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter anda.

6. Hindari rokok
Banyak yang bilang,minum kopi itu enaknya sambil merokok. Hal ini justru menambah efek buruk kopi karena di dalam rokok mengandung zat-zat racun bagi tubuh. Rokok juga dapat mengurangi kenikmatan kopi itu sendiri.

Demikianlah cara sehat minum kopi, bagaimana dengan anda?

Tags :

    cara bijak mengkonsumsi kopi, kopi campur alkohol
Cara sehat minum kopi | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply