Cara menyimpan Biji Kopi Di Rumah

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi

Bagi para pecinta kopi sejati, biasanya mereka tidak puas jika mereka membuat kopi dengan kopi bubuk yang tidak perlu digiling lagi. Mereka lebih senang jika menyeduh kopi melewati proses-proses dengan melakukanya sendiri. Akan tetapi perlau diperhatikan jika ingin menyimpan biji kopi, terutama yang masih amatir. Karena bisa jadi biji kopi yang anda simpan akan cepat teroksidasi sehingga biji kopi cepat menjadi apek.

Lalu Bagaimana cara menyimpan biji kopi di rumah?Jika anda tidak tahu cara menyimpan biji kopi yang benar, hal itu bisa memengaruhi rasa dan kualitasnya. Biji Kopi yang disimpan di dalam toples kaca dan dibiarkan begitu saja di dapur, memang akan membuat dapur anda terlihat lebih manis dan menambah dekoratif dapur anda. Akan tetapi,jika anda ingin menyimpan biji kopi ke dalam toples di dapur anda, jangan lupa untuk memperhatikan paparan udara/oksigen dan sinar matahari.

cara menyimpan biji kopi

cara menyimpan biji kopi

Tips Menyimpan Biji Kopi Yang Benar

Jika anda ingin tahu bagaimana cara menyimpan biji kopi di rumah agar kualitasnya tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar biji kopi tetap segar seperti ketika baru dipanggang pertama kalinya:

  • Jika anda ingin menyimpan biji kopi dalam jumlah besar dan jangka waktu yang lama, sediakanlah wadah khusus yang kedap udara. Walaupun harganya agak mahal, produk ini akan menjaga aroma kopi agar tidak berubah dan sangat bagus bagi para pecinta kopi yang ingin persediaan kopinya tetap segar.
  • Jangan menyimpan kopi di dalam kulkas, sebaiknya kopi disimpan di tempat yang tidak terlalu panas maupun dingin. Jangan pula menyimpan biji kopi di tempat yang langsung terkena sinar matahari terutama jika siang hari, simpanlah ditempat yang tidak tersorot langsung sinar matahari. Biji kopi juga jangan disimpan didekat tempat hangat seperti oven.
  • Batasi persediaan stock biji kopi anda dengan kebutuhan konsumsi kopi anda. Jika anda membeli kopi dengan jumlah besar dan tidak langsung diminum dalam waktu sebulan. Sebaiknya pertimbangkan kembali jumlah kopi yang akan dibeli, dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi kopi anda baik selama 2 minggu atau maksimal 1 bulan. Lebih baik jika anda tidak menyimpan biji kopi terlalu lama jika dalam jumlah yang besar.

Biji kopi memiliki kesamaan dengan biji-biji yang lain, jadi semakin tua biji kopi anda dari tanggal kopi tersebut di sangrai, maka secara otomatis kualitas kopi anda pun akan semakin menurun meskipun anda sudah menyimpan biji kopi anda dengan baik. Menyimpan biji kopi dengan baik hanya akan menjaga kesehatan biji kopi Anda agar tetap segar, akan tetapi tidak bisa untuk mencegah “degradasi” natural usia sangrai si kopi. Jadi, agar rasa kopi lebih maksimal, usahakan anda mengonsumsi kopi yang tidak lebih dari 1 bulan usia sangrainya.

Baca juga : Tips membeli mesin coffee

Dari hal-hal diatas dapat disimpulkan secara alami biji kopi semakin lama akan semakin mengalami penurunan. Karena itu, langkah yang paling tepat selain cara-cara menyimpan biji kopi dengan baik adalah dengan membeli kopi sesuai dengan jumlah yang akan digunakan, missal dalam jangka waktu 1 atau 2 minggu atau maksimal 1 bulan. Dengan cara seperti itu, Anda akan tetap bisa menikmati kopi dengan rasa dan aroma yang belum menurun.

Tags :

    kedai kopi teraz, cara menyimpan biji kopi mentah, cara menyimpan biji kopi, toples biji kopi, usia sangrai kopi maksimal
Cara menyimpan Biji Kopi Di Rumah | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply