Cara Membuat Kopi Espresso Tanpa Mesin

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi
Advertisement

Espresso merupakan seduhan minuman yang dihasilkan dengan cara mengekstraksi biji kopi yang telah digiling terlebih dahulu dengan menyemburkan air panas bertekanan tinggi. Kopi espresso merupakan sari kopi yang mempunyai tekstur sangat kental dan pekat. Sari kopi merupakan hasil olahan pertama yang bisa diolah kembali menjadi beberapa jenis kopi lain yang bisa di nikmati. Pada umumnya, cara membuat kopi espresso ini dilakukan dengan menggunakan mesin. Bagi para penikmat kopi pasti pernah berkeinginan untuk membuat espresso walaupun hanya sekali. Namun, dikarenakan mahalnya mesin pembuat espresso menjadikan keinginan tersebut tertunda. Akan tetapi, para penikmat kopi tidak perlu khawatir karena sekarang telah ada cara manual dalam membuat kopi espresso yang mungkin bisa membantu para penikmat kopi dalam mewujudkan keinginannya dengan cara yang murah meriah.

membuat kopi espresso

cara membuat kopi espresso tanpa menggunakan mesin terdengar sedikit mustahil, dan banyak para penikmat kopi yang bertanya-tanya apakah hal itu bisa dilakukan dan pada awalnya mungkin mereka menganggap bahwa membuat kopi tanpa mesin akan mempengaruhi rasa dari kopi tersebut apalagi untuk kopi espresso. Tetapi dalam kenyataannya tidak lagi perlu dikhawatirkan karena faktanya untuk membuat espresso tanpa menggunakan mesin tidaklah mustahil dan mengenai soal rasa tentunya tidak kalah dengan pembuatannya yang dilakukan dengan menggunakan mesin kopi.

Cara membuat kopi espresso tanpa menggunakan mesin bisa dilakukan menggunakan alat yang sederhana seperti Frech Press, Classic Drip, Moka Pot, Syphon dan lainnya. Alat yang paling cocok dan dapat digunakan untuk membuat espresso sederhana yaitu dengan menggunakan Classic Drip. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukan kopi bubuk ke dalam Classic Drip sebanyak 3 sendok teh untuk single shot dan 6 sendok teh untuk double shot. Langkah selanjutnya yaitu dengan meratakan dan memadatkan kopi bubuk yang terdapat di dalam Classic Drip dengan menggunakan pemadat pada alat tersebut. Langkah terakhir yaitu menuangkan air panas yang telah dimasak secara manual karena akan dapat mempengaruhi rasa kopi tersebut.

Tags :

    cara membuat espresso tanpa mesin, membuat espresso tanpa mesin, cara membuat espresso, membuat kopi espresso tanpa mesin, cara membuat espresso tanpa alat
Advertisement
Cara Membuat Kopi Espresso Tanpa Mesin | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply