Hubungan Kopi Sebagai Penyembuh Kanker dan Diabetes

By On Saturday, May 11th, 2013 Categories : Blogs kopi rasa buah, Tentang Kopi

Banyak orang yang tidak yakin jika kopi memiliki khasiat untuk mengurangi risiko pria terkena kanker prostat. Tapi berdasarkan penelitian, mengkonsumsi beberapa cangkir kopi sehari dan dipadu dengan aktif berolahraga, ancaman kanker prostat bisa lebih berkurang.Mystery Relationship Coffee For Healing Cancer and Diabetes  300x187 Hubungan Kopi Sebagai Penyembuh Kanker dan Diabetes

Walaupun belum ada bukti bahwa minum kopi beberapa cangkir setiap hari dan melakukan kegiatan fisik mampu mencegah kanker prostat, namun Health Professionals Follow-Up Study mendukung hasil data temuan itu.

Kathryn M. Wilson, peneliti epidemiologi di Harvard School of Public Health mengatakan bahwa dia tidak merekomendasikan orang banyak minum kopi menyusul hasil temuan ini. Tapi bagi para penyuka kopi, tak ada alasan untuk mengurangi kebiasaan mereka meminum kopi,

Data yang dimiliki Kathryn M. Wilson menunjukkan bahwa dalam waktu 20 tahun mulai 1986 hingga 2006, terdapat 4.975 kasus kanker prostat yang terdiagnosis, akan tetapi hanya terdapat 846 kasus yang mengancam jiwa.

Meski studi yang dilakukan Wilson belum menemukan hubungan yang jelas antara mengkonsumsi enam cangkir atau lebih kopi per hari dengan berkurangnya risiko semua jenis kanker prostat (turun sekitar 19%). Tapi penurunan risiko untuk jenis kanker prostat ganas justru lebih besar, yaitu 41%.

Terdapat hubungan yang jelas antara jumlah kopi yang dikonsumsi oleh seorang laki-laki dengan risiko kanker prostat. Efeknya lebih besar bagi para peminum kopi. Memang belum terlihat bahwa kafein dalam kopi sebagai pemicunya, karena penurunan risiko yang sama juga terlihat pada pengkonsumsi kopi non-kafein.

Dari sini bisa diambil kesimpulan sebenarnya kopinya itu yang mampu mengurangi risiko kanker prostat. Bahkan juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes menurut berbagai studi.

Peneliti di Harvard School of Public Health,Tapi Stacey A. Kenfield, melakukan studi terhadap aktivitas fisik 2.686 pria yang terdiagnosis kanker prostat, dari studi tersebut ditemukan bahwa tingkat kematian akibat kanker prostat menurun. Tingkat kematian penderita kanker prostat yang aktif berolahraga lebih rendah 12% dibandingkan dengan mereka yang malas beraktivitas fisik.

Jadi mungkin pointnya rajinlah berolahraga, karena olahraga dapat mengurangi risiko kematian dari penyakit apapun.

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention juga menyebutkan Sekitar 39% peminum kopi secara teratur dapat menurunkan risiko kanker kepala dan leher. Mereka yang minum kopi 4 cangkir atau lebih, diperkirakan mempunyai anti terhadap kanker mulut dan tenggorokan dibanding yang bukan peminum kopi.

Mia Hashibe, Asisten profesor kedokteran di University of Utah dan peneliti utama studi tersebut mengatakan “Kopi berisi lebih dari seribu bahan kimia, beberapa memiliki aktivitas antioxidant dan antimutagenik. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi bahan dalam kopi yang bertanggung jawab atas hasil yang twramati dalam studi tersebut.”

Baru-baru ini penelitian menunjukan kekuatan misterius di balik minuman luar biasa tersebut.
Kopi memiliki banyak khasian diantaranya, menurunkan risiko kanker, diabetes dan menajamkan memori, sebagian besar studi menunjukkan bahwa kopi sangat baik dikonsumsi. Para ilmuwan saat ini masih mencoba untuk menentukan, apa sebenarnya kandungan kopi yang dapat memberikan sifat melawan penyakit.

Tags :

    kopi dan diabetes, kopi diabetes, kaitan kopi dalam pencegahan kanker, kopi dan cangkir, kopi vs diabetes
<kopi rasa buah
Hubungan Kopi Sebagai Penyembuh Kanker dan Diabetes | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply