Biji Kopi Indonesia Terbaik

By On Saturday, March 26th, 2016 Categories : Blogs, Tentang Kopi
Advertisement

Biji kopi Indonesia saat ini menempati peringkat keempat terbesar di dunia untuk segi hasil produksi. Menurut dari beberapa informasi yang menyebutkan bahwa sejumlah negara seperti Eropa Utara dan Eropa Timur, negara-negara Skandinavia dan Baltik sangat menyukai kopi negara tanah air terutama untuk kopi Luwak. Sebenarnya kopi di negara kita sangat banyak, namun untuk kesempatan kali ini kami akan membahas semua jenis biji kopi terbaik yang ada di Indonesia dari ujung Sumatera hingga Papua.

Biji Kopi Indonesia

Biji Kopi Indonesia

Jenis-Jenis Biji Kopi Indonesia Terbaik

Kopi Liwa
Kopi Liwa merupakan salah satu kopi luwak yang harumnya telah tercium hingga ke mancanegara. Kopi ini diproduksi dengan cara-cara lama dan diolah menjadi 2 aroma, yakni aroma gingseng dan pinang, cara mengolahnya pun sama dengan kopi luwak.

Kopi Sidikalang
Biji kopi Indonesia selanjutnya ialah kopi sidikalang, nama ini diambil dari nama sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Udara yang sangat sejuk dan dingin, serta tanah pegunungan yang kaya mineral di kawasan Bukit Barisan menghasilkan biji kopi yang bermutu tinggi.

Kopi Arang
Kopi arang merupakan salah satu jenis biji kopi terbaik yang diolah secara unik di Jember dan ini merupakan salah satu kopi terbaik di Jawa yang berasal dari daerah jawa timur yang terkenal dengan nama Java jampit. Kopi ini diproses dengan menggunakan cara digosongkan dan uniknya setelah diseduh dengan air panas akan tercium sedikit aroma cabe.

Kopi Toraja
Salah satu komoditi yang juga mendunia ialah kopi toraja dari Sulawesi Selatan. Kopi ini juga mempunyai rasa yang khas yaitu adanya perpaduan rasa tanah yang tersedia di kopi tersebut. Kopi toraja juga terdiri dari 2 macam varian, yakni kopi Toraja Arabika dan kopi Toraja Robusta, kandungan asam dari kopi ini sangat rendah dan memiliki body yang berat.

Kopi Kintamani
Selain kopi Gayo, salah satu coffe shop ternama Starbuks ternyata menggunakan kopi kintamani untuk bahan bakunya. Kingtamani yang terletak di Bangli merupakan sebuah kawasan yang amat terkenal akan hawa pegunungan yang sejuk dan juga jenis anjingnya. Selain itu, kopi ini memiliki aroma yang sangat lembut dan manis, kopi ini dapat diperoleh dari perkebunan yang menggunakan sistem pengairan subak.

Kopi Wamena
Wamena merupakan salah satu kota kecil yang terletak di lembah pegunungan Jayawijaya, yang iklim dinginnya berkisar 15 derajat celcius. Kopi ini tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya, Wamena, tanpa menggunakan pupuk berbahan kimia.

Kopi Flores
Kopi ini merupakan kopi yang banyak diminati di Amerika, jenis kopi ini berbiji besar, bewarna berkilau, aroma coklat yang sangat kuat serta menyajikan rasa berat di bagian lidah dengan tingkat keasaman yang tinggi.

Itulah beberapa biji kopi Indonesia yang telah terkenal di lidah internasional. Mungkin salah satu dari yang kami sebutkan ini merupakan salah satu jenis kopi yang anda sukai.

Tags :

    bijikopi
Advertisement
Biji Kopi Indonesia Terbaik | kopi rasa buah | 4.5
Leave a Reply